CONTEUR D’EAU par Adama Adepoju ‘Taxi Conteur’


 

VOIX FRANCOPHONES EN INDONESIE

SUARA PARA PENUTUR BAHASA PRANCIS DI INDONESIA

 

Pada tahun 2020 mendatang di Tunisia, komunitas Francophone (para penutur bahasa prancis) akan merayakan ulang tahunnya yang kelimapuluh. Komunitas ini adalah ruang linguistik, wadah untuk saling berbagi dan pengayaan diri. Hal ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan positif dan meningkatkan kualitas hidup dan pengembangan diri.

Namun, harus diakui bahwa walaupun Francophonie (hari berbahasa prancis) cukup dikenal di seluruh dunia, keberadaannya di benua Asia tidak terlalu diperhitungkan. Sementara di era globalisasi ini sangatlah penting untuk menyuarakan Francophone dengan keragamannya yang kaya dan menjejakkan kakinya di berbagai belahan dunia khususnya di Indonesia.

Berangkat dari prinsip bahwa setiap orang saling berinteraksi satu sama lain dan berdasarkan pengalaman kami sebagai seniman pendongeng, pengantara budaya dan promotor Francophonie dan bahasa Perancis di seluruh dunia selama bertahun-tahun, kami ingin mengunjungi masyarakat Indonesia dengan mengadakan pertunjukan dan lokakarya yang akan menceritakan “VOIX FRANCOPHONE EN INDONÉSIE” (suara para penutur bahasa prancis di Indonesia).

 

CONTEUR D’EAU par Taxi Conteur

Pertunjukan ini dibuat sedemikian rupa berdasarkan cerita kehidupan, mitos, legenda dan cerita-cerita yang bertemakan air di 21 kota dan desa di Burkina Faso, Côte d’Ivoire, Cap Vert, Guinée, Liberia, Nigeria dan Sierra Léone.

Pertunjukan ‘’CONTEUR D’EAU’’ merupakan bagian dari penelitian mengenai pembaruan nilai estetika dongeng yang dilakukan oleh Adama Adepoju (atau yang lebih dikenal dengan sebutan TAXI CONTEUR) selama hampir dua puluh tahun terakhir. Di akhir pertunjukan dongeng (yang juga merupakan warisan oral tradisional), beliau akan menunjukkan dedikasinya untuk menyuarakan, menceritakan dan membicarakan air untuk melindungi planet dari ‘Perang Air’.

Di Indonesia, Institut Français Indonesia (IFI) dan Alliance Française (AF) Indonesia menjadi tuan rumah untuk penampilannya di Medan, Yogyakarta, Jakarta dan Bandung

Di kota Medan, acara ini diselenggarakan oleh Alliance Française Medan (AF Medan) bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan (UNIMED) secara gratis dan terbuka untuk umum pada:

Hari/ tanggal: Sabtu, 16 Maret 2019

Waktu             : 16.00 – 17.30 WIB

Tempat           : Aula Lt. 4 Digital Library

Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Dengan jumlah penonton kurang lebih 350 orang, pertunjukan berlangsung meriah dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

Sebelum pertunjukan dimulai, AF Medan mengadakan workshop tentang seni mendongeng bersama Adama Adepoju pada :

Hari/ tanggal: Sabtu, 16 Maret 2019

Waktu             : 11.00 – 13.00 WIB

Tempat           : Auditorium Alliance Française Medan

Dengan jumlah peserta 15 orang, workshop singkat tersebut mampu menambah rasa percaya diri para peserta dan menghasilkan suatu project dalam waktu beberapa menit saja (video di bawah).

 

Dokumentasi (worskhop & pertunjukan)

 

 

VIDEO PROJECT WORKSHOP